Home

Bau Tak Sedap Merajalela

Sering digunakan, membuat kamar mandi mengeluarkan bau tak sedap. Meski kloset sudah disiram, bau tak juga hilang sehingga mengganggu kenyamanan.

Bau pada kamar mandi bisa disebabkan oleh banyak hal. Jika kloset sudah bersih namun kamar mandi tetap berbau, bisa jadi penyebabnya adalah bakteri, lumut, dan jamur yang merajalela akibat kurangnya sinar matahari yang dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri. Bau bisa terjadi karena sisa-sisa air seni tertinggal di sela-sela keramik lantai.

Baca juga : outdoor furniture jakarta

Bisa juga disebabkan oleh kumpulan kotoran akibat jarang dibersihkan. Untuk menghilangkan bau tak sedap, bersihkan kamar mandi secara berkala. Perbaiki lantai kamar mandi yang retak atau pecah dengan segera agar tak terkepung oleh kotoran, bakteri, dan jamur. Setelah kamar mandi dibersihkan, kapur barus dan pewangi kamar mandi alami seperti kulit jeruk dapat menjaga udara di dalam kamar mandi tetap terasa segar sepanjang hari.

Udara Lembap dan Tumbuh Jamur

Bersentuhan langsung dengan air, tak berarti kamar mandi harus selalu basah. Genangan air dapat membuat ruangan terasa selalu lembap, yang berakibat pada tumbuhnya lumut dan jamur di beberapa area kamar mandi.

Memiliki ventilasi seadanya, tak lantas membuat kamar mandi bebas lembap dan jamur. Lembap dapat disebabkan karena adanya genangan air yang membuat udara di dalam kamar mandi mengandung air. untuk mengurangi lembap pada kamar mandi, Anda dapat mengganti penggunaan bak mandi dengan shower. Selain itu, shower juga akan membantu penghematan air.

Mengatasi lembap juga bisa dilakukan dengan cara membuat 2 area kamar mandi sesuai fungsinya, yaitu area basah dan area kering. Penanganan ekstra terhadap lembap bisa dimaksimalkan di area basah, terutama pada area dinding, lantai, dan plafon. Jika dinding kamar mandi berlapis cat mengeluarkan jamur, lumuri dengan fungisida dan biarkan semalaman.

Kemudian bersihkan dinding dengan ampelas. Jangan lupa menggunakan penutup hidung agar aman bagi tubuh. Terakhir, lapisi dinding dengan cat anti-jamur agar tampilan baru kembali. Untuk dinding keramik yang berjamur, Anda cukup membersihkan dengan cairan pembersih.