Home

Beberapa Bangunan Pengingat Soekarno di Bandung

Institut Teknologi Bandung

Awalnya, pria bernama kecil Kusno ini memang mengenyam pendidikan pertamanya di Mojokerto dan Surabaya. Namun, beranjak dewasa, tepatnya pada tahun 1921, Soekarno—bersama Djoko Asmo, teman satu angkatan di sekolah lamanya, Hoogere Burger School (HBS)—melanjutkan pendidikan tingginya di tanah Pasundan, tepatnya di Hoogeschool te Bandoeng, yang kini dikenal dengan nama Institut Teknologi Bandung. Di antara bangunan yang dirancang oleh Ir. Henri MacLaine Pont inilah, Soekarno mengambil jurusan teknik sipil selama 5 tahun. Di sana pula, ia dididik untuk menjadi seorang insinyur atau arsitek, salah satu profesi awal yang ia geluti, sebelum peranan pentingnya sebagai aktivis dan pejuang kemerdekaan. Pada 3 Juli 1926, Soekarno merampungkan pendidikan tingginya dan mengikuti proses wisuda bersama 18 insinyur lainnya.

Bangunan Hasil Karya Soekarno Di Jalan Gatot Subroto, Bandung

Sebagai seorang arsitek, sekaligus alumni jurusan teknik sipil di kampus ternama di Indonesia, Soekarno sempat membuat dua biro teknik bersama rekan almamaternya. Yang pertama adalah Biro Insinyur Soekarno dan Anwari, yang berkantor di sisi utara Masjid Agung Bandung. Tak lama berselang, Soekarno pun kembali membuat biro teknik lainnya, benama Biro Insinyur Soekarno dan Rooseno. Sayangnya, dilansir dari buku Nasib Bangunan Bersejarah di Kota Bandung karya Haryoto Kunto, pada tahun 1983, terdapat 9 karya arsitektur Soekarno yang digusur oleh pemerintah kala itu. Meskipun begitu, Anda masih bisa mengenali hasil karya Bapak Revolusi Indonesia sebagai arsitek ini, dengan simbol khas yang menjadi trademark bagi karyanya. Hal tersebut ditandai oleh bentuk gada Rujakpala yang ada di atap rumah, yang merupakan senjata bagi tokoh pewayangan favoritnya, Bima. Rumah-rumah tersebut bisa Anda temukan di Jalan Gatot Subroto, Jalan Kasim, Jalan Pungkur, dan beberapa jalanan lainnya.

Bangunan pengingat Soekarno di atas merupakan bangunan yang masih berdiri kokoh berdampingan dengan bangunan modern masa kini. contohnya hotel dan apartemen yang semakin banyak di Bandung. Hotel dan apartemen di Bandung tersebut dilengkapi dengan genset sebagai sumber energi listrik. Harga genset yang murah untuk hotel dan apartemen di Bandung bisa didapatkan dari agen suplier resmi genset 1000 Kva di Bandung. Salah satu agen genset resmi adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan harga diskon serta bergaransi. Disamping itu juga barang selalu ready stock sehingga pengiriman bisa dengan cepat dikerjakan.