Cara Jitu Pemeliharaan Genset
Genset

Cara Jitu Pemeliharaan Genset Untuk Orang Awam

Cara Jitu Pemeliharaan Genset – Bagi Anda yang memang bekerja di bagian permesinan dan ingin mempelajari mengenai cara memelihara genset yang baik adalah sebuah keharusan. Genset tersebut dapat digunakan sebagai penerangan pengganti listrik PLN.

Kemudian, bagi Anda yang belum memiliki genset, maka Anda dapat membelinya terlebih dahulu di jual genset Manado. Kemudian, Anda perlu mengetahui untuk cara pemeliiharaannya. Cara pemeliharaan tersebut dapat dilakukan berdasarkan semi dan top overhaul dari genset yang Anda beli.

Top Overhaul

Pada Top Overhaul Genset, Anda perlu unutk melakukan service setelah genset digunakan selama 2.500 jam kerja. Anda diharuskan untuk melakukan pemeliharaan dengan jalan membongkar mesin untuk melakukan berbagai pengecekan. Beberapa mesin yang perlu untuk dicek:

  1. Melakukan service dan penggantian sparepart pada bagian cylinder head.

Cylinder head merupakan bagian pada mesin yang terletak di atas dari blok silinder yang berfungsi untuk membentuk ruang pembakaran. Pada bagian ini terdapat jalur masuknya udara dingin dan juga aliran keluar udara panas. Bagian ini juga digunakan untuk jalur masuk bahan bakar menuju ke tangka silinder.

  • Anda juga perlu untuk melakukan penggantian nozzle

Nozzle memiliki nama lain yaitu injector. Bagian ini memiliki peranan sebagai pemompa bahan bakar menuju ke dalam ruang pembakaran. Apabila bagian ini mengalami kerusakan, maka penggantian harus dilakukan dalam jumlah satu set, karena penggantian salah satu komponen nozzle hanya akan membuat daya semprot dari bahan bakar dalam tangki pembakaran menjadi tidak rata.

  • Penggantian filter dari bahan bakar dan juga filter oli

Setiap genset selalu memiliki filter bahan bakar dan juga oli untuk mencegah masuknya kotoran atau debu ke dalam ruang pembakaran dan juga mesin. Filter tersebut dalam tahap 2.500 jam kerja biasanya sudah terdapat banyak sekali kotoran yang melekat, sehingga Anda perlu untuk mengganti filter tersebut.

  • Melakukan pengecekan terhadap sirkuit listrik dari genset

Pengecekan ulang terhadap sirkuit listrik dapat mencegah kerusakan parah yang dapat berakhir pada genset tidak dapat diperbaiki sama sekali lagi.

  • Mengganti sistem pendingin apabila terdapat kerusakan bagian di dalamnya

Sistem pendingin merupakan salah satu bagian mesin yang penting di genset. Bila mesin ini rusak, maka dapat menyebabkan genset menjadi overheating yang bisa menyebabkan genset menjadi rusak.

  • Mengganti oli mesin

Oli merupakan pelapis di antara dua mesin yang bergerak. Jadi oli ini berfungsi untuk mencegah kerusakan atau aus dari kedua logam yang bergerak tersebut. Bila oli  rusak, maka kedua logam yang bergerak akan mendapatkan goresan-goresan yang dapat menyebabkan aus. Suatu saat kedua logam tersebut akan rusak dan harus diganti secara total.

Semi Overhaul

Pada istilah ini, genset perlu untuk dilakukan perawatan setelah 5.000 jam kerja mesin. Perawatan tersebut harus meliputi bagian cylinder head, penggantian conrod bearing, ring piston, liner dan juga piston, kalibrasi ulang pompa injeksi, penggantian nozzle, dan juga radiator.