Tech

Disk ingin “hidup” lebih dari seribu tahun

Belum puas dengan keawetan seribu tahun, produsen Jerman Syylex, mengusung GlassMasterDisc yang lebih awet lagi. Selain bertahan lebih dari 1.000 tahun, disc ini juga tahan hingga suhu 90° C dan level humiditas 85%. Sayangnya, GlassMasterDisc tidak dapat ditulis sendiri oleh pengguna (harus dilakukan Syylex pada keping gelas/kaca khusus). Peneliti di Universitas Twente dan Freiburg juga melakukan riset untuk mengetahui keawetan dan daya tahan data digital pada suatu media.

Mereka mengembangkan disk tungsten berlapis silicon nitride (gambar kanan). Hasil stress test pada suhu hampir 600 °C menyimpulkan bahwa media dan data di da lamnya bisa awet hingga satu juta tahun! Penerus Blu-ray, Archival Disc, akan dihadirkan Sony dan Panasonic tahun depan. Belum diketahui apakah penggguna biasa juga bisa membelinya.

Archival Disc generasi pertama yang memiliki 6 lapisan (gambar kanan) akan berkapasitas 300 GB. Versi selanjutnya diharapkan akan berkapasitas hingga 1 TB. Kewaetan Archival Disc yang diklaim mencapai 50 tahun ini dianggap cocok sebagai media back-up data, termasuk bagi Facebook yang sudah mulai mempertimbangkannya secara serius.