Berita

Egy Segera Bergabung

Teka-teki bakal ikut bermain atau tidaknya Egy Maulana Vikri membela tim nasional U-19 saat menjalani laga Piala AFC U-19 Oktober mendatang mulai terkuak. Pelatih kepala timnas U- 19, Indra Sjafri, mengatakan telah berkomunikasi intens dengan pemain yang kini bermain untuk klub Polandia, Lechia Gdansk, itu. “Insya Allah Egy datang nanti tanggal 15 September,” ujar Indra ketika ditemui di sela laga uji coba timnas U-19 versus Persibara Banjarnegara di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta, Sabtu lalu.

Sebelumnya sempat beredar kabar Egy bakal absen membela tim yang berjulukan Garuda Nusantara itu dalam Piala Asia nanti. Hal ini menyusul munculnya kritik media setempat di Polandia yang menyesalkan jika Egy terus bolak-balik ke Indonesia mengikuti berbagai kompetisi internasional. Namun Indra Sjafri mengatakan secara personal sudah berkomunikasi intensif dengan Egy sehingga optimistis pemain itu bisa kembali ke Tanah Air untuk mengikuti pemusatan latihan sementara bersama timnas U-19.

Indra pun menyebut komunikasi personalnya dengan Egy juga didukung dengan komunikasi institusional antara PSSI dan klub Egy, Lechia Gdansk. Sementara itu, Egy dalam akun media sosial miliknya menunjukkan foto dirinya bersama tim Lechia Gdansk saat bertanding dalam lanjutan Liga Utama Polandia atau Ekstraklasa, kemarin. Tak lupa, dia juga menuliskan kata-kata untuk mengobarkan semangat. “Pelan-pelan selalu ke depan, jangan pernah mundur.” Sebenarnya Indra masih mengizinkan semua pemain yang tergabung dalam timnas U-19 untuk membela klub masingmasing jika diperlukan.

Namun kebebasan untuk pemain membela klubnya itu hanya berlaku sampai 15 September nanti. Indra menginginkan persiapan AFC U-19 dilakukan penuh untuk semua pemain selama sebulan. Ada sedikitnya empat pemain di pemusatan latihan timnas U-19 yang kini sedang membela klubnya mengarungi Liga 1. Seperti Syahrian Abimanyu yang berlaga bersama klub Sriwijaya, juga Nur Hidayat yang membela Bhayangkara FC. “Memang kami izinkan mereka bermain membela klubnya, enggak ada salahnya main di kompetisi,” ujar Indra. Indra menuturkan bahwa program latihan tidak akan terganggu misalnya jika beberapa pemain berlaga untuk klub.

Menurut dia, justru tambah bagus jika pemain bersama klub sebelum tanggal 15. “Setelah itu, pemain enggak boleh lagi keluarmasuk pemusatan latihan, sudah full satu bulan konsentrasi untuk timnas,” katanya. Untuk laga uji coba, Indra telah meminta bantuan pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia untuk membantu mencarikan klub yang bersedia bertanding dalam bentuk turnamen mini sebelum timnya menjalani laga Piala AFC U-19 pada Oktober nanti.

Rencananya, timnas U-19 akan ke Jakarta untuk mengikuti beberapa turnamen mini yang disiapkan itu dari 21-27 September. “Turnamen mini ini untuk simulasikan secara persis bagaimana calon lawan yang dihadapi timnas U-19 saat Piala AFC digelar, “ ujar Indra. Seperti diketahui, dalam turnamen AFC U-19 nanti, skuad Indra berada di grup A yang juga dihuni Uni Emirat Arab, Qatar, dan Taiwan.

Tim Garuda Nusantara akan tampil dalam laga pembuka melawan Taiwan pada 18 Oktober. Indra meminta PSSI membantu mencarikan klub yang karakternya bisa mewakili gambaran lawan yang akan dihadapi timnas U-19 saat Piala AFC. Hal ini agar timnas juga bisa menerapkan strategi, taktik, dan teknis yang perlu disiapkan jauh hari.

Ia tak mau anak-anak asuhannya tak berkutik karena buta kekuatan lawan. “Makanya, kami minta PSSI cari lawan mirip penghuni Grup A,” ujar Indra. Dalam laga uji coba terakhir Sabtu lalu, timnas U-19 menang tipis atas Persibara Banjarnegara dengan skor 2-1 lewat gol Aji Kusuma dan Todd Rivaldo Ferre.