Keluarga,  Kesehatan

Fase Perkembangan Janin di Trimester 3 Bagian 3

MINGGU 36

Dengan berat 2,5 kg atau lebih dan panjang sekitar 46 cm, di minggu ini kontraksi palsu akan mulai memenuhi hari-hari Mama. Berupa rasa mulas yang berlangsung dalam beberapa detik saja. Kelahiran bisa saja terjadi dalam 2 atau 3 minggu ke depan, inilah saatnya untuk mempersiapkan segala perlengkapan persalinan dalam sebuah tas khusus.

MINGGU 37

Di minggu ini, kematangan organ dan indra bayi masuk dalam tahap sempurna dan mampu bekerja sendiri. Tak heran jika banyak Mama yang mengalami proses persalinan di minggu ini dengan berat bayi berkisar 2,7 kg dan panjang 47 cm. Teruslah menjalani pola hidup sehat dengan makanan bergizi seimbang dan berolahraga rutin.

MINGGU 38

Kontraksi palsu akan terus Mama rasakan. Untuk membedakan dengan yang asli, kontraksi palsu bisanya terjadi beberapa detik dengan jeda yang cukup panjang antara kontraksi pertama dengan kedua. Bila kontraksi sudah mulai intens diikuti dengan vlek, Mama bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk memantau pergerakan janin. Bila terjadi rembesan yang berindikasi pecahnya air ketuban, segera bergegas ke rumah sakit saat itu juga tanpa menunda.

MINGGU 39

Bila di minggu sebelumnya berat janin berkisar 3 kg, di minggu ini bisa saja bertambah menjadi 3,2 kg dengan panjang 49 cm. Rambutnya sudah semakin panjang dan banyak, kulitnya sudah berwarna merah muda, dan ia telah siap mengawali kehidupan barunya di luar perut Mama. Kelahiran bisa terjadi kapan saja, sebaiknya Mama dan Papa mulai siaga.

MINGGU 40

Bila belum melahirkan, berat badan bayi biasanya mencapai 3,3 kg dengan panjang 50 cm. Walau begitu, ukuran berat dan panjang bayi bisa berbedabeda. Selama dipantau terus dan dokter menyatakan sehat, Mama tak perlu khawatir, kok. Belum ada tanda kontraksi di minggu ini? Dokter mungkin akan menunggu hingga satu minggu ke depan sebelum melakukan induksi atau tindakan sesar. Namun semua bergantung pada kondisi janin dalam kandungan