Genset Menjadi Alternatif Pembangkit Listrik
Berita

Genset Menjadi Alternatif Pembangkit Listrik

Genset Menjadi Alternatif Pembangkit Listrik – Fenomena penggunaan genset dari dulu marak digunakan oleh masyarakat. Tingginya kebutuhan listrik menjadikan genset sebagai alternatif pembangkit listrik. Tidak sedikit proyek pembangkit listrik mengeluarkan budget untuk menyediakan genset. Tujuannya agar proyek yang dilakukan dapat sukses dan berjalan lancar.

Sebagai contohnya beberapa wilayah Papua menggunakan genset sebagai sarana penyedia listrik. Generator set ini disebut sebagai alternatif paling masuk akal dan mengeluarkan budget tidak banyak. Disamping itu, pemerintah juga sepakat untuk memfasilitasi genset di daerah terpencil karena biaya penyaluran listrik PLN dari kota ke desa membengkak.

Ragam Mesin Genset

Seiring bertambahnya zaman, perkembangan teknologi juga mengalami kemajuan pesat. Seperti halnya berbagai inovasi pada alat pembangkit listrik yaitu genset. Berikut ini berbagai macam jenis mesin genset seperti mesin genset gas yang berbahan bakar gas LPG dam CNG. Penggunaan genset gas tersebut harus didukung oleh pipa gas sebagai aliran dari gas ke generatornya.

Terdapat pula mesin genset diesel yang mudah ditemukan pada pemukiman warga. Sebab mudah digunakan dan berkapasitas mulai 5000 Kw sampai 2.000.000 Kw. Mesin genset bensin dengan kapasitas mencapai 10.000 Kw ini menggunakan bahan bakar bensin. Selanjutnya ditemukan juga mesin genset yang praktis dibawa dan berukuran kecil yakni mesin genset portabel.

Fungsi genset portabel tidak diragukan lagi karena berkemampuan menyalakan listrik perkemahan dan lapangan. Sementara itu, ada genset dengan voltase terbesar yakni mesin genset turbin yang dapat memenuhi listrik diatas 2.000.000 watt. Beragam jenis mesin genset dapat ditemukan di toko genset makassar dengan beragam harga dan kualitas terbaik.

Cara Penggunaan Mesin Genset

Pertama kali dalam penggunaan genset adalah memeriksa bahan bakar yang sesuai dengan jenis genset. Sebab jika pengguna mengisi bahan bakar yang tidak sesuai dapat membuat genset rusak. Lakukan juga pemeriksaan terhadap pelumas mesin dan kondisi accu.

Jenis mesin genset bensin harus melalui tahap aktivasi mulai dari tindakan choke genset. Diikuti dengan meletakkan posisi choke dekat dengan karbutor, dan mengatur saklar mesin mode on. Sementara itu, untuk menyalakan genset diesel lebih mudah. Hanya perlu memutar kunci kontak ke posisi on lalu biarkan sebentar.  Selanjutnya tidak lupa memeriksa voltase genset diesel.

Menyalakan mesin genset tidak lepas dari tahap pemanasan yang dilakukan sekitar 5 hingga 10 menit. Tujuannya agar pengoperasian kerja mesin tetap stabil. Disamping itu, mendorong kinerja segala komponen dan pelumas bekerja lebih optimal. Menyalakan mesin genset sebagai pendukung proyek pembangkit listrik harus disesuaikan dengan jenis genset yang digunakan.