Geraja Tua St. Mark di Zagreb
Berita

Geraja Tua St. Mark di Zagreb Yang Penuh Cerita Sejarah

Geraja Tua St. Mark di Zagreb – Jika berjalan menuju Tomiceva Street Anda akan menemukan jalan kecil yang mengarah ke funicular. Funicular tua ini akan membawa anda ke dasar dari Lotršcak Tower, gerbang dari upper town Medvešcak. Ongkos untuk naik funicular ini hanya sebesar 5 Kuna. Tidak mahal, karena perjalanannya sangat pendek, mungkin inilah funicular dengan jarak terpendek di dunia, hanya sekitar 66 meter. Di bangun tahun 1890 dan belum berubah tampilannya. Upper town Medvešcak merupakan salah satu distrik dari Zagreb yang meliputi hampir seluruh wilayah tertua dan memiliki paling banyak tempat bersejarah di Kota Zagreb.


Sebenarnya Anda bisa juga menaiki tangga yang menanjak disamping jalur funicular. Begitu Anda keluar dari funicular dan stasiun, Anda akan mendapati pemandangan indah. Dari sana bisa terlihat menara dari Katedral Virgin Marry, Dolac Market dan bangunan tua sekitar. Bila anda ingin melihat lebih jauh lagi dan cuaca mendukung naiklah ke menara Lotršcak yang dulunya merupakan bagian dari benteng kota. Janganlah kaget, jika anda tiba-tiba mendengar suara ledakan yang sangat keras. Setiap hari, seorang operator akan menembakkan sebuah meriam kuno yang berada di jendela paling atas ke udara menandakan datangnya tengah hari.

Perjalanan kita lanjutkan dengan mengikuti jalan agak menanjak. Jalanan berbatu granit kotak dan bangunan berarsitektur khas Eropa, sangat terasa atmosfir seperti kembali ke masa abad 18. Nah, ada satu tempat yang mungkin tidak dimiliki oleh negara lain dan merupakan salah satu things to do in Zagreb. Museum of broken relationship atau Muzej prekinutih veza. Sebenarnya museum pemenang Kenneth Hudson Award untuk museum paling inovatif di Eropa ini belum lama dibuka untuk umum yaitu tahun 2010, dan merupakan museum pertama yang dimiliki oleh pihak swasta.

Lain tempat yang juga wajib dikunjungi adalah Geraja St. Mark. Gereja ini terletak di tengah lapangan kota tua. Sulit untuk tidak mengagumi gereja ini, dari kejauhan sudah terlihat sangat berbeda dengan bangunan sekitar. Pada gereja ini terdapat pula genset yanmar 5 kva silent bahan bakar solar. Kehadiran genset ini menjadikan ibadah di waktu malam tidak terganggu jika suatu saat listrik daru pusat dimatikan.

Bila anda berada cukup lama di St. Mark’s Square, mungkin Anda akan bertemu dengan politikus-politikus atau pun pejabat Kroasia. Ini dimungkinkan karena upper town merupakan pusat pemerintahan Kroasia. Bangunan yang berdiri di sebelah kanan Gereja St. Mark adalah gedung pemerintahan Kroasia, sedangkan disebelah kiri adalah gedung parlemen. Di lapangan inilah upacara inagurasi presiden Kroasia diadakan. Pada bulan April – September, di lapangan ini juga para turis dapat bertemu dengan anggota Order of The Silver Dragon (Red Srebrnog Zmaja) yang menghidupkan kembali kejadian konflik bersejarah antara Gradek dan Kaptol.

Untuk Anda yang menyukai fotografi, ini adalah kesempatan yang baik untuk mengabadikan replika senjata perang abad pertengahan. Setelah puas mengagumi gereja, tidak jauh di lapangan St. Mark dan Cirilometodska Street terdapat city hall pada masa pertengahan. Tempat ini masih digunakan sampai sekarang untuk pertemuan dewan kota, bahkan lantai dasarnya digunakan sebagai galeri seni. Bila Anda berjalan terus menuruni bukit, anda akan sampai di gerbang kota tua (Kamenita vrata) salah satu dari empat gerbang menuju kota tua, kini merupakan tempat pemujaan untuk Bunda Maria.