Keluarga

Kejahatan Hipnosis Mengincar Anak

Mungkin Mama Papa pernah mendengat cerita tentang anak ABG yang sedang di mal bersama keluarga, lalu pamit ke toilet sebentar, namun tak pernah kembali lantaran diculik dengan cara “dihipnotis”. Cerita tersebut memang masih perlu diuji kebenarannya. Namun sungguh menarik untuk membahas soal kejahatan “hipnotis” yang didengung-dengungkan kerap menyasar anak-anak.

Hipnosis, Gendam, Dan Stage Hypnosis

Sebelumnya kita perlu meluruskan dahulu tentang kata hipnotis itu sendiri. Hipnotis sebenarnya merupakan kata sandang pada orang yang berprofesi sebagai penghipnosis atau orang yang menjalankan praktek hipnoterapi. Seperti penyebutan pemain gitar yang disebut gitaris, penyanyi solo disebut solois, pemain biola disebut violis, dan sebagainya. Jadi, ketika seseorang tersugesti dan mengikuti permintaan orang yang menghipnosis, kejadian tersebut dibilang terhipnosis atau dihipnosis, bukan terhipnotis atau dihipnotis.

Misalnya kalimat, “ABG tersebut terhipnosis” bukan “ABG tersebut terhipnotis”. Memang benar, hipnosis bisa digunakan untuk kebaikan, namun bisa juga untuk kejahatan. Hipnosis kejahatan umumnya menggunakan metode yang disebut gendam. Hipnosis ini dapat memaksa orang melakukan apa yang diinginkannya. Jika seseorang berniat jahat; ingin mencuri, berbuat cabul, menculik, maka yang dilakukan hipnosis-gendam.

Proses antara hipnosis (positif) dan gendam pun berbeda. Si penggendam membutuhkan keahlian mistik dengan “jimat,” prosesnya diawali dengan caracara tertentu seperti menepuk, melakukan kontak mata, menciumkan bebauan, dan lainnya. Hipnosis-gendam ini tergolong pseudo science karena di dalamnya ada unsur klenik atau magis. Sementara proses hipnosis yang sesungguhnya adalah bagian dari ilmu pengetahuan untuk tujuan positif.

Proses hipnosis di sini harus melibatkan kerja sama antara terapis dan anak/ pasien untuk keberhasilan proses hipnosis. Jika seseorang tidak mau dihipnosis, hipnosis tidak bisa dilakukan.

Keselamatan anak di luar rumah sangatlah penting untuk itulah orangtua harus terus memonitor anak kemana pun dia pergi. Dengan siapa dan berapa lama mereka akan pulang ke rumah. Berikan anak Pendidikan dasar mengenai cara bergaul dengan orang asing, jangan sampai mereka mudah terpengaruh ajakan orang yang tidak dikenal.

Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai rekomendasi tempat tes TOEFL IBT Jakarta terbaik yang bisa digunakan sebagai tempat persiapan.