Kesehatan

Membangun Karakter Hidup Bersih, Sehat, Mandiri

Sehat adalah hak setiap anak. Setuju! Karena itulah perilaku hidup bersih, sehat, dan mandiri perlu dikembangkan pada anak-anak Indonesia. Terkait de ngan ini, PT Tupperware Indonesia kembali menggelar program “Aku Anak Sehat (AAS). Untuk program AAS ta hun ini, Tupperware Indonesia mengu sung tema “Membangun Karakter Hidup Bersih, Sehat, dan Mandiri”. Memahami bahwa anak di era globalisasi cenderung lebih kritis, PT Tupperware Indonesiapun menggelar seminar inspiratif bagi guru SD untuk memberikan informasi mengenai cara efektif dalam mengajarkan perilaku hidup besih, sehat, dan mandiri pada murid-muridnya. Melalui program ini Tupperware Indonesia ingin menyebarkan kebiasan hidup sehat, salah satunya membawa bekal makanan bergizi ke sekolah kepada para murid SD di Indonesia.

Dengan mengajari anak membawa bekal dari rumah, orangtua dan guru bisa melatih anak untuk tidak jajan sembarangan, selain itu asupan gizi dan kebersihan makanan buah hati juga dapat dikontrol. Kebiasaan membawa bekal juga melatih anak untuk berhemat. Menurut Dr. Rose Mini A.P.Mpsi orangtua dan guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter hidup bersih, sehat, dan mandiri pada anak karena merekalah orang terdekat yang dijadikan contoh oleh anak-anak. “Agar anak tertarik untuk menerapkan gaya hidup sehat, sebaiknya guru juga mene rapkan hal yang sama dalam ke sehariannya. Jika hanya mena sehati namun tidak memberikan contoh, anak cenderung sulit mempercayai apa yang diajarkan padanya.

Guru juga perlu menjelaskan manfaat pentingnya gaya hidup bersih dan sehat, termasuk membawa bekal ke sekolah.” Perwakilan Kepala Diknas Provinsi DKI Jakarta, Drs. Momon Suleman, Msi menyampaikan apresiasinya terhadap seminar guru dan pendidikan kesehatan di sekolahsekolah yang diadakan oleh Tupperware Indonesia. Pada kesempatan yang sama Theresia Irawati, SKM, M.Kes, Kepala Sub Bidang Kemitraan, Advokasi dan Prom kes Kementerian Kesehatan RI me ngatakan “Kementrian Kesehatan ber sama-sama dengan Kementrian Pen didikan dan Kebudayaan RI menyambut positif program AAS yang dijalankan Tupperware.

Dengan program AAS ini, Tupperware turut berkontribusi dalam mendukung kesuksesan usaha Kesehatan Sekolah yang dijalankan pemerintah. Selain seminar bagi guru, PT Tupperware Indonesia juga akan melakukan kunjungan ke Sekolah Dasar di 7 kota besar dan sekitarnya di Indonesia. Setiap sekolah yang dikunjungi akan mendapatkan 1 set wastafel dan 2 set tempat sampah basah dan kering serta poster Pola Hidup Bersih dan Sejat (PHBS), “Dukungan positif yang diberikan oleh banyak pihak merupakan sumber motivasi kami untuk terus menggelar program “Aku Anak Sehat” dan menyebarkan semangat membangun karakter hidup sehat, bersih, dan mandiri ke sebanyak mungkin guru dan murid SD di Indonesia, demi terciptanya masa depan generasi bangsa yang lebih baik,” tutup Nurlaila Hidayaty, Senior Marketing Manager PT Tupperware Indonesia.