Tech

Menantikan Kedatangan Windows Baru Bagian 2

Sampai sekarang, satu-satunya kepastian yang bisa didapat adalah menu start sudah menjadi komponen integral dari Windows 9. Meskipun banyak kritik ditujukan pada Microsoft, tetapi start menu baru akan memiliki detail yang menarik, yang dapat menggabungkan elemen-elemen Windows klasik dengan modern UI. Untuk menggambarkan tampilan start menu Windows 9, CHIP mencoba melakukan modifikasi Windows 8.1 menggunakan aplikasi tambahan sehingga start menu terlihat menyatu seperti yang terlihat dalam presentasi di konferensi Build. CHIP melakukannya melalui aplikasi ModernMix (stardock.com) dengan harga US$ 5. Start menu dapat diatur dengan bantuan Start Menu Reviver (reviversoft.com). Roadmap untuk Windows berikutnya Pada Build 2014, banyak yang berharap Microsoft menyertakan roadmap untuk Windows 9.

Namun, Microsoft belum mengubah prosedur dasar pengembangan sebuah sistem operasi baru. Kabarnya, Windows 9 ini akan hadir di pertengahan April 2015. Jika rumor ini benar, antara Windows 9 dan Windows 8 memiliki jarak 2,5 tahun, lebih cepat dibandingkan dari Windows 7 ke Windows 8 yang memakan waktu tiga tahun. Windows 9 yang memiliki kode “Threshold”, tampaknya akan memiliki feature yang lebih dari sekadar update standar untuk Windows 8. Threshold dapat membuat Windows akan berada di berbagai perangkat, mulai dari smartphone hingga server. Windows 9 juga akan merambah area otomotif (mobil) dan rumah masa depan yang membutuhkan sistem operasi.

Windows juga akan merambah pasar yang baru dengan dukungan 50 miliar perangkat pada tahun 2020. Microsoft siap untuk memberikan sistem operasi ke perangkat-perangkat tersebut. Windows juga akan menyediakan dukungan kepada banyak partner hardware secara gratis untuk kebutuhan layar perangkat yang kurang dari 5 inci. Dengan keadaan tadi, tentu saja Windows klasik harus diturunkan harganya. Dari beberapa informasi, Windows 8.1 dengan Bing akan hadir dalam waktu dekat. Dari versi ini, beberapa produsen hardware berniat untuk meluncurkan perangkat Windows murah, meskipun Microsoft tidak memberikan begitu saja Windows-nya kepada mereka.

Microsoft hanya meminta Bing sebagai media pencarian standar dalam perangkat-perangkat tersebut. Seperti dalam kasus Windows 8, versi pengembang (Developer Preview) akan muncul sekitar satu tahun sebelum peluncuran. Jika batas waktu rilis sekitar April 2015, berarti versi ini harus tersedia dalam beberapa minggu mendatang. Versi beta alias Consumer Preview harus siap tujuh sampai delapan bulan sebelum rilis, yaitu sekitar bulan Oktober atau November 2014.