Tech

Menantikan Kedatangan Windows Baru Bagian 3

Setelah itu, ada versi Release Candidate yang harus tersedia untuk masyarakat umum selambat-lambatnya lima bulan sebelum peluncuran resmi, yaitu sekitar Natal tahun 2014 ini. Jika Microsoft memulai penjualan Windows 9 di April 2015, produk harus siap pada bulan Februari 2015.

Versi ini biasanya disebut Release to Manufacturing (RTM) dan merupakan sinyal awal dari Microsoft untuk semua mitranya. Feature baru Sistem pengoperasian sentuh sudah diperkenalkan di Windows 8. Di konferensi Build tahun ini, Microsoft menunjukkan Cortana, kontrol suara untuk Windows yang mengingatkan kita pada Siri di iOS. Sementara itu, pengoperasian dengan mouse dan keyboard masih dianggap penting. Windows 9 juga akan membuat pengguna Windows 8 menjadi lebih puas. Dalam perangkat khusus, Windows juga akan memberikan pilihan empat gesture kontrol (kontrol gerakan). Dengan demikian, semua konsep operasi terbaru akan digabungkan dalam satu Windows. Akan tetapi, sistem operasi Windows 9 tidak akan menawarkan semua hal ini setiap saat.

Tablet dan smartphone akan diutamakan dalam hal pengoperasian sistem sentuh dan didukung oleh kontrol suara. Desktop klasik akan terus dioperasikan dengan menggunakan mouse dan keyboard. Namun, jika hardware dalam PC dan notebook sudah tersedia, fungsi kontrol gerakan juga akan disediakan. Pengoperasian seragam dalam sebuah sistem operasi harus menjadi fungsi dasar dalam Windows. Microsoft telah membidik hal ini sejak lama dan akhirnya akan diterapkan pada Windows 9. Aplikasi universal dapat memberikan keuntungan bagi pengguna.

Mereka dapat berfungsi pada berbagai perangkat Windows, mulai yang berlayar kecil hingga besar. Aplikasi dapat mencakup games, yang akan bekerja dengan cara yang sama pada smartphone, tablet, notebook, atau Xbox. Untuk itu, Microsoft menggunakan feature yang sudah berjalan stabil seperti DirectX. Feature ini dapat bekerja pada semua platform yang dikeluarkan sejak tahun 2015.

Untuk hal ini, Microsoft telah memiliki sebuah benchmark (lihat diagram di atas). Perhitungan pada hardware yang sama dengan DirectX 12, ternyata kinerjanya 50 persen lebih cepat dibandingkan dengan versi sebelumnya. DirectX 12 sama-sama mendistribusikan beban komputasi pada CPU core yang tersedia. Hal ini memungkinkan peningkatan kinerja besar selama multi-threading.