Tech

Menantikan Kedatangan Windows Baru

Windows 8 dan 8.1 ternyata tidak terlalu sukses di pasar. Salah satu hal yang sering dibicarakan di Windows ter sebut adalah tampilan modern UI dan tidak adanya menu start. Oleh sebab itu, pada Developer Conference Build yang diadakan belum lama ini, feature menustart akan hadir kembali pada Windows 9. Selain itu, aplikasi modern yang berjalan di UI terbaru juga dapat digunakan di desktop klasik. Hal ini mendapat perhatian besar peserta konferensi tersebut. Dengan demikian, Microsoft merevisi kelemahan desain dasar dari Windows 8. Namun, semua hal tadi masih dalam status presentasi. Kapan tepatnya hal tersebut terwujud, Microsoft sendiri belum memberikan pernyataan resmi.

Windows 8 memang telah dikritik oleh para pemerhati Windows sejak September 2011. Fakta kegagalan Windows 8 dapat dilihat pada pangsa pasarnya. Dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya (lihat diagram di bagian kanan atas). Meskipun Microsoft telah menawarkan diskon hingga US$ 30 untuk Windows 8 Pro pada bulan-bulan awal peluncurannya, tetapi langkah tersebut tidak bisa mendongkrak angka penjualan dan masih jauh dengan Windows 7 di situasi yang sama. Menurunnya permintaan atas PC desktop dan notebook klasik turut memberi andil tidak suksesnya Windows 8. Hal ini berbeda saat Windows 7 dirilis pada tahun 2009. Permintaan PC desktop dan notebook yang banyak pada tahun 2009 mendongkrak peralihan dari XP ke Windows 7. Windows 8 lahir bersamaan dengan meningkatnya perangkat hybrid dengan input sentuhan.

Namun, hingga 15 bulan berjalan, pasar Windows 8 masih di angka 10%. Windows 7 berhasil melakukan penjualan di angka yang sama dalam waktu enam bulan. Beralih ke versi 9 Dari konferensi Build, yang menarik adalah bahwa Microsoft ingin mengakhiri tren negatif dari Windows 8, tetapi belum siap untuk berbicara secara resmi tentang Windows 9. Tidak hanya nama yang belum dikonfirmasi, tampilan desktop window pun hanya dapat diketahui dari presentasi Microsoft. Microsoft juga belum memberikan pernyataan dan mengomentari tentang feature-feature yang akan ada. Selain itu, belum jelas juga featurefeature tersebut akan diperkenalkan dengan nama baru atau sebagai update untuk Windows 8.1? Microsoft akan menahan start menu dan aplikasi desktop untuk Windows 9 agar bisa berdamai dengan para pelanggan lama (pengguna desktop).