Otomotif

Modifikasi Mobil Smartfortwo untuk Balap

Belum pernah. ( yang mesti ia lakukan? Sementara saya berada di jok robert Wickens) mengerti tapi apakah iapenumpang yang sempit ini sudah memasang sabuk pengaman empat titik. dan rasanya sulit untuk bergerak bebas. Lantas bagaimana sensasinya ketika dipacu di lintasan? Ketika di kokpit, robert Wickens tetap santai mengemudikannya. dia mulai memacunya dengan jalan perlahan, lalu mencoba memaksanya hingga terjadi aksi drift. Singkatnya, roda berdecit kencang dan ban semi-slick akhirnya kembali mendapatkan grip, kemudian segera meninggalkan tikungan tersebut dengan suara deru mesin ‘serak’ dan gahar. terlepas dari itu, dengan dimensinya yang mungil, Smart sangat mudah untuk melintas di area sempit. apalagi untuk sekadar parkir. Sangat layak untuk dimiliki sebagai transporter perkotaan. Benar-benar dinamis. Kembali ke topik utama, Smart Brabus merupakan hasil kerja sama antara mercedes-Benz dengan tuner Brabus asal kota Bottrop, Jerman. dan Smart memiliki tenaga 75 dk dengan setting suspensi sport. Bantingan suspensinya terasa rigid. tapi tunggu dulu.

Smart yang kami tes ini adalah edisi khusus ulang tahun. Sayangnya kami tidak tahu detailnya. Besar kemungkinan ia memiliki tenaga sekitar dua kali lebih besar. antara 120 dk hingga 150 dk. mesin Smart Fortwo yang terletak di belakang, dikonversi khusus menjadi mesin yang siap untuk dipacu di lintasan sirkuit. Begitupun dengan interior yang dirombak. Setiap ‘gram’-nya dihitung dengan teliti untuk mendapat bobot ringan. Kemudian kerja transmisi dual clutch jelas memberikan penyaluran tenaga lebih optimal dibanding versi standar. Bahkan ia sudah dilengkapi dengan ftur stabilitas ESP. Kami mencobanya di sirkuit Bilster Berg, dekat dekat kota Bad driberg di utara rhine-Westphalia, Jerman. Lintasan ini oleh kebanyakan orang Jerman dikenal sebagai lintasan ‘Nurburgring versi kecilnya’. Jadi sebuah lintasan yang cocok untuk mobil balap mungil ini. Lajunya sangat bagus! terlebih mobil ini dikemudikan oleh seoarang pembalap dtm berusia 28 tahun yang sukses finish di urutan keempat musim lalu. dan robert Wickens merupakan salah satu pembalap mercedes-Benz terbaik, yang musim ini akan menggeber mercedes-Benz C-Class yang memiliki tenaga lebih dari 500 dk. dan ini adalahSmart. apakahmobil ini memuaskan?

Bagaimanapun kondisi si mungil ini memiliki center of gravity yang tinggi dan distribusi bobot yang ideal. robert Wickens berkata, “Jarak sumbu roda pendek, mesin belakang dan ESP mati – ini bisa sangat menyenangkan.” Saat tuas diatur ke posisi d dan pedal gas diinjak penuh, mesin berderu dan mengentak. Saat takometer menunjuk 3.000 rpm, turbo memberikan asupan udara lebih ke mesin Smart yang berkapasitas 1.000 cc, 3 silinder. Sensasi akselerasi, deselerasi, dan pengendaliannya seperti mengendarai mobil balap. Setelah beberapa lap mengitari lintasan sirkuit dan kembali memasuki Pit Lane, Wickens lantas bertanya kepada saya, ketika saya keluar dari mobil dengan langkah kaki sedikit goyah, “Man, apakah kau sedikit takut?”, Benarkah saya takut? “terasa menegangkan saat berada di dalam Smart,” jawabku. rasanya jadi sedikit…… ini merupakan pengalaman yang unik, dan rasanya masih kurang. Yah, ini adalah edisi spesial ulang tahun Smart Brabus. dan salah satu edisi spesial lainnya adalah Smart Brabus dengan corak silver dan cokelat yang bertenagakan 109 dk. harganya berada di kisaran 35.000 Euro (rp 563,5 juta), itu sekitar 20.000 Euro (rp 322 juta) lebih mahal dari Smart versi standar. apakah mereka benar-benar sadar apa yang telah mereka kerjakan? Benar-benar mengesankan.