Tech

Saat Perangkat Mobile Makin Eksis Bagian 1

Perkembangan teknologi telekomunikasi makin pesat, dan kini mulai menunjukkan tren perubahan yang cukup drastis. Kesibukan yang makin menjadi, kemacetan jalanan, mengubah kebiasaan orang. Kalau beberapa tahun lalu produsen seolah berlomba adu cepat prosesor, adu kuat komputer dekstop, maka saat ini semuanya ingin makin praktis. Tak heran jika saat ini semuanya ingin bisa beraktivitas secara mobile alias dari mana saja. Dengan bekerja secara mobile, masyarakat merasa tak akan dibatasi waktu dan jarak. Produsen mengantisipasi tren itu dengan membanjiri pasar dengan perangkat mobile, perangkat yang praktis dibawa ke mana-mana, namun memiliki fitur lengkap dan mumpuni.

Dulu komputer besar dan kencang, juga notebook menjadi incaran. Lalu beralih ke netbook yang lebih ringan dan praktis. Kini eranya tablet, yang begitu mudah digunakan, ringan, namun punya fitur selengkap laptop. Operator menyambut perubahan tren itu dengan membuat paket-paket data yang memanjakan konsumen. Koneksi internet yang makin cepat tapi makin murah adalah hasilnya. Operator juga menggenjot layanan data dengan menggelar jaringan yang lebih cepat, lebih luas dan lebih andal di sebagian besar wilayah Tanah Air.

Sebagai contoh, di kuartal pertama 2014 ini operator XL mencatat pertumbuhan pendapatan layanan data yang melonjak 30 persen. Sangat jauh dibandingkan pertumbuhan layanan percakapan dan SMS yang hanya sebesar 3 persen dan 2 persen dari tahun lalu Pameran telko dan komputer Geliat tren perangkat mobile itu selalu tercermin dalam pameran Indonesian Cellular Show (ICS), yang diadakan tiap tahun di JCC Senayan, Jakarta. ICS merupakan pameran industri seluler yang rutin diselenggarakan oleh Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) bekerjasama dengan Dyandra Promosindo. Diadakan sejak tahun 2003, ICS tahun 2014 ini telah memasuki tahun ke 11. Sementara tahun ini menjadi pameran FKI ke-17. Di Jakarta, seperti tahuntahun sebelumnya, pameran ICS diselenggarakan berbarengan dengan Festival Komputer Indonesia (FKI).