Tech

Saat Perangkat Mobile Makin Eksis Bagian 2

Sementara khusus FKI, acara ini diadakan serentak di enam kota besar lain di Tanah Air yaitu Bandung, Jogja, Semarang, Surabaya, Malang dan Makassar. Produk kedua pameran ini, ICS dan FKI, memang selalu beririsan. Artinya, pengunjung memang meminati produk komputer dan ponsel sekaligus. Entah industri mana mendompleng siapa, yang jelas strategi menyatukan dua pameran ini memang terbukti jitu untuk menyedot pengunjung.

Di awal penyelenggaraan pameran ICS dan FKI, porsi peserta pameran masih didominasi vendor produk-produk komputer. Namun dua tahun terakhir sangat terlihat, bahwa produk-produk mobile seperti ponsel, smartphone, tablet, dan modem, makin mendominasi. Makin sulit saja menemukan stan yang menjual komputer dekstop. Bahkan banyak vendor komputer yang lalu membanjiri stan dengan produk mobile seperti tablet dan smartphone.

Tiap tahun, jumlah pengunjung pameran ICS dan FKI naik turun. Begitu pula jumlah peserta yang bertambah dan berkurang. Namun, transaksi yang dihasilkan cenderung naik. Dan makin hari, makin banyak pengunjung yang menanti acara ini setiap tahunnya. Ini tercermin dari survei yang diadakan Dyandra selaku penyelenggara acara kepada para peserta pameran (para vendor dan distributor) dan juga pengunjung pameran, tahun 2013 lalu.

Sebanyak 46,67% peserta pameran mengatakan bahwa penyelenggaraan pameran dan jumlah pengunjung telah sesuai dengan target pasar perusahaan. Mayoritas peserta pameran (87%) juga menyatakan pameran berdampak besar pada penjualannya. Bahkan semua peserta (100%) puas dan akan kembali mengikuti kembali pameran tahun depannya. Sementara di sisi pengunjung, sebanyak 58,6% memang sudah berencana untuk berbelanja produk yang dipamerkan. Sisanya mungkin saja hanya ingin jalan-jalan dan melihat perkembangan teknologi terbaru.

Mayoritas pengunjung (83%) sangat mengetahui informasi adanya pameran ICS, dan bahkan hampir semuanya (92,4%) akan berkunjung kembali di pameran tahun depannya. Maka bisa dikatakan, ICS dan FKI menjadi saksi perkembangan industri dan pergeseran minat masyarakat terhadap produk IT dan telekomunikasi yang beredar di masyarakat.